Menggunakan Layanan DNS Google untuk Mengakses Website Fullerton Markets (Android 9 atau Lebih Tinggi)

Android 9 Pie memperkenalkan pengaturan DNS di seluruh sistem, jadi alih-alih mengubah DNS untuk setiap jaringan, Anda dapat melakukannya di satu tempat. Namun, Android mengharuskan layanan DNS mendukung DNS-over-TLS, jadi tidak semua server berfungsi.

Yang harus Anda lakukan adalah

  • Buka aplikasi Pengaturan (Settings) di ponsel Anda,
  • Pergi ke Network Settings,(Setiap manufaktur mungkin memiliki langkah yang berbeda)
  • Temukan opsi Private DNS.

Di sini Anda dapat mematikan DNS Pribadi (sehingga server ISP Anda akan digunakan), mengaturnya ke otomatis (di mana Android akan mencoba menggunakan DNS-over-TLS dengan server ISP Anda), atau selalu menggunakan server khusus.

Anda dapat mengetikkan server khusus ke dalam bidang alamat, tetapi itu harus berupa nama host TLS dan bukan hanya rangkaian angka. Misalnya, alih-alih mengetik 4.4.4.4 atau 8.8.8.8 untuk Google Public DNS, Anda harus menggunakan dns.google. Alih-alih 1.1.1.1 untuk CloudFlare, Anda akan memasukkan 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com.

Setelah Anda menekan Simpan, pengaturan akan mulai berlaku. Ingatlah bahwa pilihan DNS Anda dapat diganti saat Anda menggunakan VPN atau aplikasi lain yang mengubah konfigurasi jaringan Anda.